Nasehat

Sering Mimpi Buruk….


scan

Sering Mimpi Buruk……

بقلم : أبو عائشة الجوزاء

——————————————————————————————————————-

Tanya : Saya sering bermimpi buruk yang terkadang membuat saya terjaga di waktu malam. Apa nasihat Anda tentang hal ini ? Dan bolehkah saya menceritakan mimpi saya ini kepada orang lain ?

Jawab : Perlu diketahui bahwa jika seseorang bermimpi buruk, maka itu berasal dari syaithan. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

والرؤيا ثلاثة فرؤيا الصالحة بشرى من الله ورؤيا تحزين من الشيطان ورؤيا مما يحدث المرء نفسه

“Mimpi itu ada tiga macam : 1) mimpi yang baik merupakan kabar gembira dari Allah; 2) mimpi buruk berasal dari syaithan; dan 3) mimpi dari apa-apa yang dibisikkan kepada seseorang dari dirinya ( = kembang tidur)” (HR. Bukhari nomor 7017 dan Muslim nomor 2263; ini adalah lafadh Muslim).

Mimpi buruk merupakan permainan syaithan terhadap manusia, agar manusia merasa sedih karena timbul pada dirinya prasangka buruk kepada Allah. Barangsiapa yang melihat mimpi yang tidak ia sukai, maka hendaklah ia melaksanakan apa yang tercantum dalam sunnah untuk mengusir was-was dan menolak tipu daya syaithan; yaitu dengan :

a. melaksanakan shalat

b. memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan mimpi dan kejahatan syaithan

c. meludah ke sebelah kiri sebanyak tiga kali

d. bangun dan melaksanakan shalat

e. tidak menceritakan mimpi buruk tersebut kepada orang lain

f. merubah posisi tidur dari posisi semula.

Diriwayatkan dari Abu Usamah, ia berkata : ”Aku pernah melihat sebuah mimpi yang membuatku sakit hingga aku mendengar Qatadah berkata : ”Aku pernah melihat sebuah mimpi yang membuatku sakit hingga aku mendengar Nabi shallallaahu ’alaihi wasallam bersabda :

الرؤيا الحسنة من الله فإذا رأى أحدكم ما يحب فلا يحدث به إلا من يحب وإذا رأى ما يكره فليتعوذ بالله من شرها ومن شر الشيطان وليتفل ثلاثا ولا يحدث بها أحدا فإنها لن تضره

”Mimpi baik berasal dari Allah. Jika salah seorang dari kalian melihat apa yang ia suka maka janganlah ia ceritakan mimpi tersebut kecuali kepada orang yang mencintainya saja. Dan jika ia melihat mimpi yang tidak ia sukai, maka hendaklah ia meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatan mimpi tersebut dan dari kejahatan syaithan, kemudian meludah tiga kali, dan janganlah ia ceritakan kepada siapapun. Sebab mimpi itu tidak akan mendatangkan kemudlaratan” (HR. Bukhari nomor 7044 dan Muslim nomor 2261; ini adalah lafadh Bukhari).

فإن رأى أحدكم ما يكره فليقم فليصل ولا يحدث بها الناس

”Apabila salah seorang dari kalian melihat mimpi buruk, hendaklah ia bangkit melaksanakan shalat dan janganlah ia ceritakan kepada orang lain” (HR. Bukhari nomor 7017 dan Muslim nomor 2263; ini adalah lafadh Muslim).

Abu Al-Jauzaa’

Allaahu a’lam.

Dikutip dari http://myquran.org/forum/index.php/topic,19052.0.html

2 thoughts on “Sering Mimpi Buruk….

  1. assalamu’alaikum.
    pada point e. Mengapa hal itu harus dilakukan?
    Jazakalloh.

    Wa’alaikumusalam Warahmatullah…
    Allahu A’lam apa hikmah tidak bolehnya menceritakan mimpi buruk kepada orang lain… yang pasti hal itu adalah perintah Rasulullah Alaihi Sholatu Wa Sallam sebagaimana tersurat dalam hadits diatas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s