Fiqh Islam

Memelihara Jenggot adalah Wajib


books

 

MEMELIHARA JENGGOT ADALAH WAJIB

Oleh

Syaikh Jamil Zainu

—————————————————————————————————————————-

Jenggot adalah satu diantara sunnah-sunnah yang di jaman sekarang ini banyak dilupakan kaum muslimin. Kaum muslimin di jaman ini lebih senang untuk mencukur jenggot daripada memeliharanya. Banyak alasan mereka, dari mulai tidak rapilah, jadi kelihatan seremlah, seperti terorislah, atau entah apalah perkataan mereka. Tapi tahukah engkau wahai kaum muslimin bahwa memelihara jenggot itu wajib ?? tahukah engkau bahwa perintah memelihara jenggot itu datang dari lisan yang mulia, lisan Rasulullah Alaihi Sholatu Wa Sallam ?? Maka dari jalan manakah engkau dipalingkan untuk tidak memenuhi panggilan Nabimu???

Berikut dalil-dalil yang menjelaskan wajibnya memelihara jenggot :

Firman Allah tentang ucapan syaitan ;

وَلآمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللَّهِ

“… dan akan aku suruh mereka (merubah ciptaan Alah), lalu benar-benar mereka merubahnya.” (An-Nisa’ : 119)

Dan mencukur jenggot adalah merubah ciptaan Allah dan taat kepada setan.

Firman Allah :

وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا

“…Dan apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu tinggalkanlah …” (Al-Hasyr : 7)

Rasululloh telah memerintahakan untuk memelihara jenggot dan melarang mencukurnya.

Sabda Rasululloh :

“Cukurlah kumis dan panjangkanlah jenggot, berbedalah dengan orang-orang majusi.” (riwayat Muslim)

Sabda Rasululloh :

“Sepuluh perkara termasuk fitrah, yaitu : mencukur kumis, memelihara jenggot, mamakai siwak, mamasukkan air ke dalam hidung (ketika berwudhu), memotong kuku, …” (riwayat Muslim)

Memelihara jenggot adalah termasuk fitrah, tidak boleh mencukurnya.

Rasululloh melaknat orang laki-laki yang menyerupai wanita. (Riwayat Al-Bukhari). Mencukur jenggot adalah tindakan menyerupai wanita, terancam laknat dari Allah I.

Sabda Rasululloh :

“Akan tetapi Tuhanku memerintahkan kepadaku agar memelihara jenggotku dan mencukur kumisku.” (hadits hasan riwayat Ibnu Jarir).

Memelihara jenggot adalah perintah dari Allah dan RasulNya, dan hukumnya adalah wajib karena Rasululloh r dan para sahabat senantiasa melakukan demikian, di samping itu tersebut dalam hadits larangan untuk mencukurnya.

Tidak boleh mencukur atau mencabut rambut yang berada di pipi, karena itu termasuk jenggot, sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Qamus.

Secara medis, terbukti bahwa jenggot merupakan pelindung amandel dari stroke matahari, sedang mencukurnya bisa membahayakan kulit.

Jenggot adalah hiasan bagi kaum laki-laki yang diciptakan Allah baginya, agar berbeda dengan kaum wanita. Karenanya, tatkala seorang laki-laki yang telah mencukur jenggotnya masuk menemui isterinya pada malam pengantin, berpalinglah si isteri dan tidak tertarik dengan penampilan yang tidak seperti ketika dilihatnya sebelum itu.

Ada ibu-ibu yang bertanya kepada seorang wanita : mengapa anda memilih seorang suami yang berjenggot? Jawabnya : karena aku kawin dengan seorang pria dan bukan dengan seorang wanita.

Mencukur Jenggot termasuk perbuatan mungkar dan harus dilarang, berdasar sabda Nabi :

“Barangsiapa di antara kamu melihat kemungkaran maka hendaklah merubah dengan tangannya, jika tidak mampu maka dengan lisannya, jika tidak mampu juga maka dengan hatinya dan inilah selemah-lemahnya iman.” (riwayaat Muslim).

Penulis bertanya kepada seorang laki-laki yang mencukur jenggotnya : “Apakah anda mencintai Rasululloh r? Jawabnya : Ya, amat mencintainya. Maka kata penulis kepadanya : “Rasululloh telah bersabda :”peliharalah jenggot…” dan orang yang mencintai Rasululloh apakah akan mematuhinya atau menyalahinya?” jawab : “mematuhinya.” Dia pun berjanji akan memelihara jenggotnya.

Apabila ditentang oleh isteri anda dalam memelihara jenggot, maka katakanlah kepadanya : “aku adalah seorang muslim, takut kalau mendurhakai Allah.” Dan berikan kepadanya suatu hadiah serta sebutkan kepadanya sabda Nabi r :

“Tidak boleh taat kepada seorang makhluk dengan mendurhakai (bermaksiat) kepada Al-Khaliq.” (hadits shohih riwayat Imam Ahmad).

—————
Dikutip dari buku ” Bimbingan Islam Untuk Pribadi & Masyarakat ” karya Syaikh Jamil Zainu

11 thoughts on “Memelihara Jenggot adalah Wajib

  1. jadi hukumnya bergeser dari sunnah jadi wajib nih,, ?? ckckck,,
    bikin fatwa gih,, *bener bener deh,,*

    Bergeser ..?? maaf ana tidak mengerti maksud anda.. hukum memelihara jenggot adalah wajib dari jaman Rasulullah sampai jaman akhir nanti. tidak ada pergeseran dan perubahan. bukankah diatas telah diuraikan dalil-dalil yang menjelaskan kewajiban memelihara jenggot??

  2. bukannya dulu hukumnya sunnah ya?? (kalo wajib artinya yang ga pake jenggot dosa dong..?)

    dulu..?? kapan..?? setahu ana kok hukumnya wajib ya. bisa anda uraikan supaya lebih jelas..?? mungkin ada ilmu yang belum ana ketahui.. rupanya anda salah paham terhadap tulisan diatas.. yang dimaksud dengan tulisan diatas adalah kewajiban memelihara jenggot, bukan kewajiban untuk pake jenggot..karena setiap orang khan berbeda.. ada yang berjenggot dan ada yang sama sekali tidak punya jenggot.. paham maksud ana??

  3. Berarti org yg tidak berjenggot terancam laknat Allah karena menyerupai wanita, padahal memang ia diciptakan oleh Allah seperti itu (tidak berjenggot)?

    Rupanya anda tidak membaca dengan baik artikel diatas.. coba deh antum baca baik-baik. sebenarnya dari judul artikelnya sudah jelas bahwa yang dilarang adalah mencukur jenggot bukan tidak berjenggot. karena ada orang yang Allah berikan jenggot ada yang tidak.. Paham mas [?]

    Kalau mencukur jenggot tidak boleh, berarti mencukur rambut juga tidak boleh, karena merubah ciptaan Allah?

    Soal rambut kepala tidak bisa diqiyaskan dengan jenggot dong mas. khan kalau mencukur rambut kepala gak ada larangannya. sedangkan mencukur jenggot jelas larangannya..

    Secara medis, terbukti bahwa jenggot merupakan pelindung amandel dari stroke matahari, sedang mencukurnya bisa membahayakan kulit.

    Sumbernya dari mana?
    Bukankah amandel terletak di ujung kerongkongan(dalam mulut), lalu apakah hubungannya dengan jenggot (di dagu) sebagai pelindung amandel?

    soal jenggot merupakan pelindung amandel ana belum tahu sumbernya, akan tetapi taruhlah hal itu tidak terbukti, akan tetapi mencukur jenggot adalah larangan dari Allah. Ketidaktahuan kita tentang hikmah dibalik larangan tersebut bukanlah dalil bagi kita untuk menolak larangan tersebut. karena tidak semua perintah atau larangan itu dijelaskan juga hikmah dibalik perintah atau larangan tersebut. jadi taruhlah perkataan “jenggot merupakan pelindung amandel” itu tidak terbukti, maka apakah dengan ini kita tolak larangan Allah berupa mencukur jengot [?]

    Lalu apa bahayanya mencukur jenggot?

    Bahaya mencukur jenggot [?] simak baik-baik firman Allah berikut :

    وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا

    Dan Barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali. ( An Nisaa’ : 115 )

    فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

    Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah-Nya takut akan ditimpa cobaan atau ditimpa azab yang pedih. ( An Nuur : 63)

  4. ane mau tny nih,
    1. klo gak slh memelihara jenggot khan utk membedakan dr kaum non-muslim. nah klo kr khan byk jg kaum non-muslim yg memelihara jenggot. klo gitu gmn?

    Ya Akhy.. secara Aghlabiyyah(umum/kebiasaan) orang-orang kufar itu adalah mencukur jenggot, sedikit sekali dari mereka yang memelihara jenggot..

    2. klo merapikan jenggot (memotong sdkt)berarti jg gak blh ya? kdg2 ada jenggot yg terlalu panjang or tdk rapi. bukannya sebaiknya dirapikan
    mhn pencerahannya

    Tentang masalah ini ada khilaf diantara para Ulama.. Sebagian Ulama mengatakan haram mencukur jenggot secara mutlak, sebagian yang lain boleh mencukur apabila melebihi genggaman tangan yang mereka berdalil dengan atsar Ibnu Umar.. Wallahu A’lam pendapat mana yang lebih rajih. Hanya saja ana lebih condong kepada pendapat yang membolehkan mencukur jika melebihi segenggam tangan dengan atsar dari Ibnu Umar.. Para Ulama menjelaskan bahwa atsar Ibnu Umar merupakan Ijma’ Sukuti dari para Sahabat karena tidak ada sahabat yang mengingkari atsar Ibnu Umar tersebut.. Wallahu A’lam..

    NB : Perhatikan bahwa yang diperbolehkan mencukur jenggot adalah apabila telah melebihi segenggam tangan, jika kurang dari itu maka haram hukumnya mencukurnya..

  5. “… dan akan aku suruh mereka (merubah ciptaan Alah), lalu benar-benar mereka merubahnya.” (An-Nisa’ : 119)
    ndak ada yang mejelaskan kan tentang jenggot pada fiman di atas. klo ada mengatakan mencukur jenggot merubah ciptaan Allah SWT, maka mencukur rambut juga karena rambut juga ciptaan Allah SWT.

    Soal rambut kepala tidak bisa diqiyaskan dengan jenggot dong mas. khan kalau mencukur rambut kepala gak ada larangannya. sedangkan mencukur jenggot jelas larangannya..

    seperti saudara/i Rizma Adlia katakan bahwa memelihara jenggot itu sunnah, saya setuju, karena selama ini saya baru membaca memelihara jenggot itu wajib di artikel anda.

    Bagaimana dengan dalil-dalil diatas [? ? ?]

    “Cukurlah kumis dan panjangkanlah jenggot, berbedalah dengan orang-orang majusi.” (riwayat Muslim).
    saya rasa ini perintah dulu untuk membedakan antara orang muslim dan non muslim. dan juga itu mengandung pengertian bukan hanya masalah jenggot. tapi jangan anda mengikuti gaya orang kafir. seperti kata iklan. don’t be follower but be trender. begitulah kira2 pesan yang ingin di sampaikan. karena klo kita mengikuti orang lain kita ndak akan pernah dapat di depannya. jadi ciptakan gaya Islam sendiri, yang pastinya tidak bertentangan ama ajaran Islam. klo sekarang saya malah melihat orang Islam malah mengikuti gaya orang Arab bukan gaya Islam.

    Mas…. Ana tidak mengingkari adanya larangan tasyabuh secara umum, karena memang ada haditsnya.. dan perlu anda ketahui bahwa larangan mencukur jenggot itu sejalan dengan larangan tasyabuh.. karena mencukur jenggot itu adalah bagian dari tasyabuh kepada kaum kafir.. bukankah dari hadits diatas dapat diketahui bahwa kebiasaan orang-orang kafir itu adalah mencukur jenggot..

    dan sekarang saya banyak melihat orang menumbuhkan jenggot bukan memelihara. ada yang jenggotnya mengalahkan Buto Hijau. yang namanya merawat itukan membersihkan, menjaga dan…. pokoknya merawat lah, kayak kita merawat sesuatu benda. atau bagi ce2 kayak merawat bunga.
    tapi ini sih menurut saya. saya juga bukan orang pandai di agama, ya sama2 belajar, bukan dari diskusi begini kita mendapat memahami agama kita Islam

    Janganlah anda bayangkan bahwa perintah Rasulullah Alaihi Sholatu Wa Sallam untuk memanjangkan jenggot itu berarti tidak merawatnya mas… kita juga harus merawatnya, menyisir supaya rapi, membersihkannya, menyemir apabila jenggot telah memutih dengan warna selain hitam dsb.. dan soal mencukur jenggot yang melebihi satu genggam tangan telah disinggung pada komentar sebelumnya… Allahu A’lam..

  6. Assalam…

    Trus bagaimana kalo ana cuma punya jenggot cuma tiga lembar doang dan panjang,
    apa perlu dipelihara juga,?
    Syukran atas jawaban .

    paling aman gak usah dicabut, dibiarkan aja… Allahu A’lam

  7. Maksudnya bukan komen untuk yg itu, tapi untuk komen pendapat mas pribadi ttg jenggot di bawah ini, yg katanya tujuannya untuk membedakan. :

    Jenggot adalah hiasan bagi kaum laki-laki yang diciptakan Allah baginya, agar berbeda dengan kaum wanita.

    Loh, ini Hadits, Quran ataw apa…g jelas kan?

    Mas… bukanklah secara Bashariyyah bisa dilihat bahwasanya salah satu diantara perbedaan laki dan perempuan itu ada pada jenggotnya..

    Makanya trus saya jawab
    >>>Berarti org yg tidak berjenggot terancam laknat Allah karena menyerupai wanita, padahal memang ia diciptakan oleh Allah seperti itu (tidak berjenggot)?>>>

    Berarti yg ngga mbaca dengan baik sapa hayooo🙂

    Yang dimaksud artikel diatas tentu bukan begitu.. bagaimana mungkin seseorang dilaknat oleh Allah terhadap sesuatu yang hal itu -yakni ada tidaknya jenggot- merupakan ciptaan Allah dalam artian mana mungkin seseorang yang diciptakan tidak berjenggot dilaknat oleh Allah padahal Allah sendiri yang menciptakan demikian ?? jadi yang dimaksud disini adalah seseorang yang diciptakan oleh Allah berjenggot kemudian mencukur jenggot tersebut… begitu lho mas maksudnya ..

    Mas, memelihara tanaman bukan berarti g boleh mengguntingnya kan? Memelihara cambang bukan berarti g boleh memotongnya kan? Trus kenapa mencukur jenggot jadi haram?
    Padahal, kalopun bener hukumnya berjenggot wajib, bukan berarti tidak boleh dipotong/dicukur dong. Dan di Hadits itu juga g ada larangan yg jelas kan.

    Coba lihat lagi mas hadits diatas… ana cuplikan haditsnya yah..“Cukurlah kumis dan panjangkanlah jenggot, berbedalah dengan orang-orang majusi.” (riwayat Muslim) hadits tersebut menjelaskan yang dimaksud memelihara yakni memanjangkannya.. tidak dipotong.. sebab bagaimana kita bisa memenuhi perintah “memanjangkan jenggot” kalau kita potong jenggot tersebut.. walaupun memang ada khilaf dalam memotong jenggot apabila lebih dari segenggam tangan.. coba cermati lagi hadits diatas.

    ————————————

    >>>>>soal jenggot merupakan pelindung amandel ana belum tahu sumbernya>>>>>

    Nah ini, kalo belom tau sumber ataw valid ngganya, kenapa dicantumin sbg perkataan yg seolah menjadi pembenaran.
    Padahal bener ngganya aja g jelas kan?

    Sudah ana katakan bahwasanya sekalipun perkataan tersebut tidak benar, akan tetapi sudah ada hadits yang melarang untuk mencukur jenggot.. jadi yang menjadi asas larangan mencukur jenggot adanya hadits Nabi Shollallahu Alaihi Wa Sallam.

    >>>>>Soal rambut kepala tidak bisa diqiyaskan dengan jenggot dong mas. khan kalau mencukur rambut kepala gak ada larangannya. sedangkan mencukur jenggot jelas larangannya..>>>>>

    dimana larangannya? yg disunahkan(ataw wajib) kan memelihara. larangan memotong/mencukur tidak ada. karena memang memotong/mencukur bukan berarti tidak memelihara kan?

    Coba lihat lagi hadits diatas

    >>>>>Bahaya mencukur jenggot [?] simak baik-baik firman Allah berikut :>>>>>

    yg saya tanyakan kan bahaya mencukur jenggot, bukan bahaya melanggar ketentuan Allah dan RasulNya. karena pada dasarnya mencukur bukan pelanggaran, so kenapa musti dibilang melanggar aturan Allah?
    gitu loh maksudnya….

    wassalam

    Mencukur jenggot itu melanggar perintah Allah dan Rasul-Nya… coba dilihat lagi hadits yang memerintahkan memanjangkan jenggot diatas… Allahu A’lam

  8. Saya dengar dan saya taat…………….
    Yahudi terlaknat karena banyak tanya,ilmu tanpa amal alias NGEYEL…………
    Nasrani sesat, amal tanpa ilmu……………..
    Ya ALLAH berilah kami hidayah Islam diatas Sunnah….

  9. Wahai saudara ku se iman dan se isalam…janganlah kalian mengikuti sesuatu yang tidak ada dalilnya, Maka Belajar dan pahami Islam ini dengan pemahaman salaf ash sholih. Bukan dengan nafsu kalian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s